Assessor


Sejak pertama melihat foto di atas, mata saya langsung tertarik ke kata ASESOR. Berpikir beberapa detik kemudian menyimpulkan itu maksudnya assessor mungkin ya? Mbuh, gak tau apakah kata tersebut sudah diserap menjadi Bahasa Indonesia yang baku. Saya juga enggan bertanya walaupun tiap hari saya melintas dan menunggu angkot di depan kompleks SD saya itu.

Kalau saya ingat-ingat waktu jaman SD dulu, istilahnya penilik. Guru-guru akan heboh akan kedatangan tim penilik (bukan team asesor) itu. Jika tim penilik datang, cara belajar di kelas biasanya menjadi bahan perhatian mereka. Pun fasilitas, cara mengajar guru dan mungkin juga administrasi sekolah menjadi bahan penilaian. Penilaian apa ya? Kembali saya jawab mbuh. ;)

Kembali ke Asesor, saya menemukan kembali spanduk serupa -yang tidak sempat saya foto- di sebuah sekolah lain, STM Merdeka di jalan pahlawan. Di spanduk sekolah tersebut, tertulis Assesor. Kesimpulan yang saya ambil sekilas sih, sepertinya istilah assessor itu disosialisasikan oleh tim dari Dinas Pendidikan sendiri. Mungkin, mereka sulit mencari padanan kata assesor dalam bahasa Indonesia.

Kata i finger, assessor is a person who judges the quality of performance, typically in an exam or coursework. Kata KBBI 1998, penilik adalah orang yang menilik atau mengawasi. Nampak mirip, tapi kurang keren. :D

Kebayang, murid-murid SD itu ngobrol. "Besok ada tim asesor dateng ke sekolah". Apaan itu ya??:D
Saya sendiri sih baru kenal kata assess waktu kuliah Apoteker, tepatnya kuliah Farmasi Rumah Sakit. Huehehe, telat ya.

Jadi inget, kembalikan buku FRS saya! Ada di sapa ya??
Sekarang ini, lemari buku saya kosong. Hehehe.. ayo kembalikan kalau sudah selesai dipakai, biar lemarinya keren, penuh buku tebel. (norak :p)

Comments

Anonymous said…
Soal rak buku, gue lebih memilih rak buku yang kosong. Soalnya masih banyak buku-buku yang berserakan di sana sini yang menungu untuk dimasukkan rak buku :P

Popular Posts