Rorombeheun*

Sepulang pengajian wanita, tiba-tiba saya dipanggil seorang Ibu.
"Mbak tika, jangan pulang dulu. Sebentar saja, ketemu ibu Y dulu ya." Ajak Ibu Z
Dag dig dug.. apa nih?
"O, monggo Bu." Saya kemudian mengikuti ibu itu.
Waduh, saya sudah husnudzon akan dijodohkan dengan sapaaaaa gitu. Soalnya, Ibu itu jarang menyapa saya. Nada suaranya itu loh. Hihihi...

"Bu Y, ini Mbak Tika, apoteker." Ibu Z mengenalkan saya kepada Ibu Y.
"Ini loh mbak tika, Ibu Y mau nanya obat." Kata Ibu Z ke saya.
"Oh, kenapa Bu?"
"Ini obat buat rorombeheun apa ya?" Sambil menunjukkan kakinya
*Gubrag* Ternyata mau nanya obat tooh.
Saya langsung kepikiran sebuah obat, tapi lupa mereknya. Waduh, kemaren baru diskusi juga ama teman kantor tentang rorombeheun ini.
"Bu, saya gak hafal mereknya. Nanti saya telepon atau sms ibu saja ya. Saya cek dulu di rumah."

Yah... begitulah kenyataan ketidaktahuan saya. Biasanya rorombeheun a.k.a telapak kaki pecah-pecah diatasi dengan kosmetik aja, gak sampai OTC.

Setelah di rumah, terpikir untuk menyarankan membeli penggosok kaki dari oriflame dan menggunakan sediaan dengan indikasi untuk rorombeheun/kaki pecah-pecah/cracked heel. Mekanisme penggosok kaki dari oriflame mirip penggunaan batu apung orang dulu yaitu untuk menghilangkan lapisan kulit mati.
Saya pernah menerima sebuah produk -bukan buatan pabrik saya- dari Medrepnya, isinya saccharide isomerate dab portulaca extract, mereknya Ellgy plus. Kegunaannya untuk membentuk sistem yang memelihara kelembaban sehingga mencegah cracking. Saya gak tau merek lain nih. Tapi seharusnya, penggunaan body lotion kosmetik biasa pun (vaseline, viva, citra) hasilnya cukup baik. Atau susah-susah, bikin aja di lab formulasi krim tanpa zat aktif. Basisnya yang mengandung air sudah cukup memelihara kelembaban. Hehehe...

Suka takjub denger pertanyaan orang-orang. Karena waktu kuliah kita fokus pada obat-obat wah, antibiotik, anticancer, antivirus. Tentang flu aja cuma selintas kan?

Jadi mikir, kalo ntar pindah ke apotek, harus siap sedia dengan pertanyaan serupa.

Ada ide lain untuk obat rorombeheun?? Ditunggu commentnya, silakan sebut merek.

*Masih harus nge-sms Ibu Y*




* = rorombeheun adalah bahasa sunda untuk telapak kaki pecah-pecah


Update (30 Mei '08)
Aku sudah sms Ibu Y dan menyarankan memakai Kanna yang isinya adalah Lechitin, Cmiiw...
Dan, aku udah nyoba foot file nya oriflame.. Karena bulan Mei ini lagi discount 50%, Ibu ternyata beli.. Ya begitulah, bukan begitu dong (Mulan jameela bukan Mulan Jameedong.. waks)..
Ya, mudah-mudahan halus lembut terus kulitku

Comments

Anonymous said…
hoaamm... sumbang saran neh.

salah satu rekomendasi yang saya dapat, coba KANNA.

It was proven to be effective, I've seen it myself.

Produknya udah pernah liat tapi detail isinya lupa lagi euy.
googling aja ato cari di apotek deh. Di Griya jg ada kali..

(dari yang berkaki cukup mulus..:D)

hoaaamm...
Anonymous said…
gak tau. gak pernah rorombeheun.. :D
swestika said…
@defa: Nanya ke PIOM ttg isinya.. tp nana lagi cuti uy :D, nanya ke yg di apotek kali ya? Ada yang tahu??

@imgar: huehehe,, saya juga engga pernah.. sama-sama mulus hihihi
Lutfi Asyairi said…
kalo cara tradisional katanya sih pake buah pepaya mentah, diolesin....
swestika said…
@ lutfi: klo aku googling juga begituh.. tp nyari pepaya mudanya susah juga kan klo di kota mah.
L. Pralangga said…
Seneng euy udah bisa ditengokin.. :-). Rorombeheun - inget waktu naik haji kemaren dulu.. wah eta suku siga kaki urang afrika: Pecah2..

Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Afrika Barat
elle said…
Aku taunya Elgy teh. Sudah terbukti (pada diri sendiri), tapi denger-denger Kanna juga bagus.
Anonymous said…
sepakat ama anggi: "ellgy" aja, apalagi yg kemasan 50 gr, soalnya mahal! (omset, omset, omset,,,heheh...damai teman...)
Obatnya hanya RP 20.000 perbotol blm termasuk ongkos kirim
Contact 081214129904, bu Melly
fank said…
kalo ibu saya pake Careline, cream dari australi, ajaiiiib..... rorombeheun ibu saya yg sudah menahun langsung mulus....harganya sekitar 120rb, kalo mau saya bisa minta beliin ibu :)
Dose Pharmacy said…
Gorgeous color palette!!

Popular Posts