Memelihara

Jika orang Hindu percaya Trimurti yang terdiri dari Dewa Brahma sebagai Dewa Pencipta, Dewa Wisnu yang memelihara dan Dewa Shiwa sebagai pelebur. Mungkin, ada tiga Dewa seperti itu karena tugas masing-masing memang berat dan sifat yang berbeda.

Proses hidup juga memerlukan tiga tahap umum yang sama. Penciptaan produk, program atau sebuah benda dimulai dengan proses perumusan ide hingga pengemukaan wacana. Begitu pula proses pemusnahan juga gak mudah. Contohnya, berat sekali memutuskan sebuah hubungan jangka panjang karena merasa sudah terbiasa atau karena sudah menjadi bagian sehari-hari.
Tapi menurut saya, proses memeliharalah yang memerlukan energi yang multiple karena terjadi terus menerus kalau ingin sukses. Memelihara dari mulai kecil hingga besar dan terus besar. Tidak mudah untuk konsisten.

Saat inilah, integritas diri diuji. Saya berusaha keras untuk konsisten untuk memelihara kegiatan dan relasi baru. Dan semua itu gak dijalani sendiri. Banyak orang yang saling bergantungan. Saya bergantung pada mereka. Dan merekapun (mungkin) bergantung pada saya.
Mari bersama-sama memelihara dan membangun yang kita mulai :).

Sudah kadung memulai impian baik, jangan kita sendiri yang memusnahkan.

Comments

Anonymous said…
mari..

apa sih saya, sok ngerti aja.

Popular Posts