Jawaban Case One

Maaaaaf baru bisa jawab sekarang postingan Case One yang ini. Seminggu ini tiap malam saya sengaja fokus nonton science fiction series Kyle XY. Waktu untuk menulis dan ngenet saya kurangi secara drastis. Tapi, wuaah seneng deh pada bisa jawab Buat saya, mengeluarkan soal ini berarti belajar juga loh walaupun saya sudah tau jawabannya terlebih dahulu.
Jawabannya adalah kedua produk herbal yang mengandung Licorice dan Echinacea-marshmallow tidak boleh diberikan kepada EM mempertimbangkan pengobatan yang sedang dijalani dan sejarah kesehatannya.
Licorice secara umum mempengaruhi kadar beberapa hormon di dalam tubuh sehingga mengakibatkan banyak efek samping. Dengan merubah aktivitas dari beberapa hormon, licorice dapat menyebabkan gangguan elektrolit. Efek yang mungkin terjadi adalah retensi sodium dan cairan, rendahnya kadar potassium serta metabolic alkalosis.
Licorice meningkatkan ekskresi potassium, sehingga tidak bisa digunakan bersama diuretic dan glikosida jantung. Penggunaan bersama dengan furosemide menyebabkan kadar potassium menjadi sangat rendah. Selain itu, toksisitas digoxin juga akan meningkat pada kondisi kadar potassium darah rendah.
Licorise meretensi Na dan air sehingga berefek antagonis terhadap obat antihipertensi yang digunakan EM. Licorice memang kontraindikasi untuk pasien hipertensi.
Marshmallow menambah efek hipoglikemia dari obat antidiabetes seperti glyburide.
Dan satu lagi temen-temen, alasan yang belum dicantumkan oleh 5 jawaban di comment postingan sebelumnya, yaitu
Penggunaan Echinacea kontraindikasi untuk pasien yang alergi terhadap Suku Asteraceae. Sedangkan Echinaceae dan Ragweed, keduanya merupakan tanaman dari suku Asteraceae.
Wah, jadi kuliah Morsistum, Anfistum, dan Farmakognosi memang berguna ya? *statement aneh* :D
Jadi, kita semua sama-sama belajar kan? Kita tidak harus hafal semua literatur, tetapi melatih cara berpikir sebagai pharmacist dan –tenang- ada teknologi yang bisa membantu dengan cepat seperti Google, Wikipedia, ebooks gratisan bahkan program untuk diinstal di PC atau PDA kita.

Reference
http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/druginfo/natural/patient-licorice.html
WHO Monographs on Selected Medicinal Plants, 1999
Pharmacy Times, Edisi Maret 2007

UPDATE
Mau jawab comment dari Listya, tapi gak muat karena saya pengen jawab agak panjang ;).
Di postingan saya nulis: Echinacea kontraindikasi untuk pasien yang alergi Asteraceae.
Ragweed dan Echinace keduanya adalah suku Asteraceae. Ibu EM kan alergi ragweed, jadi gak boleh minum Echinacea kan?
Tanaman yang satu suku biasanya mempunyai kesamaan dalam tipe daun, bunga, dan buah. Contohnya suku Asteraceae kaliksnya termodifikasi menjadi pappus yang berbentuk berbagai macam rambut atau sisik, perbungaan dalam kapitulum, buah akhene dengan pappus yang persisten, biji berminyak dengan endosperm tipis hampir tak ada. Bayangkan saja tanaman suku Asteraceae yang ada di sekitar kita seperti Ageratum conyzoides si babadotan atau si bunga matahari.
Kaitannya dengan alergi, dalam satu suku kemungkinan besar bagian yang menjadi alergennya sama bukan? Biasanya pollen dari bunga yang membuat alergi.
Begitu kira-kira, CMIIW...

Comments

Anonymous said…
1 hari 3 postingan? Lagi niat kayaknya :D
swestika said…
Mumpung sedang sempat...;)
Anonymous said…
Hmm...
Jawabannya memang jauh dari dugaan.
Ga heran anatomi dan morfologi tumbuhanku dapet pas2an asal lulus :P.

Lalu mana Case Two nya..?
Butuh tantangan lage neh... :D
Anonymous said…
*ngacung*
echinacea dan ragweed sama2 asteraceae. dan echinaceae kontraindikasi untuk asteraceae?
maksudnya gmn? ato saya salah baca?

wahaha.. kyle xy juga nih? keren ceritanya, ganteng mas2nya. hehehe
swestika said…
@ listya
Jawabanku ada di update postingan ya..
Btw Matt Dallas emang lucu.. baru sempet nonton sekarang nih,, seminggu ini ngebut nonton 29 episode dari season 1 dan 2.. :D

@ defa
sabar..sabar.. yg pawon aja blm selesei :p
Anonymous said…
huaa.. akhirnya saya mengerti..
td siang lg dodol sih (alasaannn!!).

kalimat begonya mungkin.
ragweed dan echinaceae sesuku
jd kl org alergi ragweed, alergi echinacea juga.
Anonymous said…
Wahhh ada tika disini...:(, dah lama ga ktemu niy..pakabar?:), oia..kyle xy lg seru2nya..riska lg cari episode 22 season 2...belum nemu2...hihihhi...Matt Dallas emg imut ya..^_^
Anonymous said…
wah ada Tika nih, mo numpang nanya nih, apakah ada perbedaan antara tumbuhan suku Asteraceae pada zona datar dan zona miring ya...dan apakah Asteraceae itu dominannya tanaman bunga gitu...........
Anonymous said…
apa yang saya cari, terima kasih

Popular Posts