Kompas Kiblat

Tadi siang saya baru beli benda ini.







Sebuah kompas sederhana untuk menentukan orientasi arah kiblat. Bisa saya bawa ke mana saja. (Jadi promosi :p)

Dulu, saya tidak terlalu perduli tentang arah kiblat pada saat shalat. Maksudnya, seperti umumnya orang indonesia, saya berkiblat ke arah Kabah yang berada di barat Indonesia. Tapi, sekitar zaman SMA, saya mulai memikirkan ulang arah kiblat di rumah saya, karena Arab Saudi tidak tepat berada di barat Indonesia. Ya, ikhtiar saya untuk berusaha sholat ke arah kiblat dengan saya mulai memiringkan sajadah beberapa derajat dari arah barat ke utara. Kalau di mushola kampus, temen-temen dari astronomi mengkalibrasi arah kiblat dan menyediakan petunjuk arah kiblat. Di mushola tempat mengaji, bapak-bapak dengan latar pendidikan geodesi turut membantu menunjukkan arah kiblat.

Bertahun-tahun lalu, saya sempat melihat sejadah berkompas arah kiblat. Terpikir untuk beli, mengincar kompasnya saja hehheehe. Tapi nampaknya tidak populer di pasaran, jadi sudah menghilang ketika saya berniat membeli. Akhirnya, saya liat di etalase toko Pustaka Rabbani hari ini. Ya langsung saya beli.

Di dalam brosur alat tersebut, ada beberapa keterangan ilmiah yang ditulis oleh Dr. Moedji Raharto, dosen Astronomi ITB.

Fyi- saya pernah jadi mahasiswa beliau, mata kuliah Konsep Teknologi. Kuliah wajib tingkat 1/ TPB/ Tahap Persiapan Bersama semester 2, yang untung saja saya dapet C. Untung, ya untung, karena saya ampe sekarang bingung isi dan tujuan kuliahnya apa, hehehe. Kalau saya dapet D mungkin saya gak akan cum laude.

Kembali ke brosur, penentuan arah kiblat dapat melalui beberapa cara yaitu menggunakan GPS (Global Positioning System), penentuan mudah dengan mengamati bayang-bayang sebuah tongkat yang tegak lurus terhadap permukaan bumi ketika matahari tepat di atas Ka’bah (tanggal 28 Mei pukul 16:18 WIB dan tanggal 16 Juli pukul 16:27 WIB). Dan terdapat informasi dari data proyek pembinaan Badan Peradilan Agama bahwa arah kiblat untuk daerah Indonesiayaitu antara 19o 46’ s/d 26o06’ dari barat ke utara.

Beberapa link tentang arah kiblat didapat dari link berikut ini:

http://en.wikipedia.org/wiki/Qibla

http://id.wikipedia.org/wiki/Kiblat

http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=294815&kat_id=13

http://lc.bppt.go.id/iptek/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=182

Dua link terakhir, isinya percis dengan brosur alat yang saya beli dengan narasumber yang sama. Mungkin, ada baiknya kalau suatu saat mengirimkan email kepada Pak Moedji di sini. Atau gimana kalau kamu aja?? :D

Smoga barokah...


update: kata lutfi (di comment) ini ada link berkaitan http://moonsighting.com/qibla.html

Comments

Anonymous said…
Teek, topiknya kebetulan sama dengan yang sedang rame dibahas di kantor. Ceritanya musholla kantor itu arah kiblatnya dirubah karena pada saat dibangun arah kiblatnya kurang pas. Untuk Jakarta arah kiblatnya 295.3132o dari kutub/magnet Utara. Sedangkan arah kiblat musholla yang sekarang 330o

untuk link tentang topik ini dapat dilihat di:
http://moonsighting.com/qibla.html
swestika said…
Sebenernya aku masih pusing sih urusan kiblat ini..
Tapi, makasih ya linknya..
Ntar aku baca dulu.
Unknown said…
iya... penting banget neng!!

produk baru?

bisa didapat dimana?

terima kasih.....
Anonymous said…
Assalamu'alaikum
salam kenal bagi yang belum kenal & salam manis yang sudah kenal :)
Permisi numpang promosi:
====
Download gratis Al Qur'an PDF terjemah depag RI
Sangat berguna bagi yang hendak berpindah ke versi digital namun ingin tampilan sesuai versi cetak,
karena versi PDF ini, pergantian halaman, dibuat semirip mungkin dengan versi cetak.
Kunjungi:
genghiskhun.com

Juga ada:
Cara penentuan arah kiblat dengan bantuan Matahari dan Bintang yang bisa digunakan TIAP HARI (Siang dan Malam)
KOREKSI KESALAHAN INDEX KOTA (CITY INDEX) PADA KOMPAS KIBLAT

Semoga bermanfaat

Genghis Khun
Http://genghiskhun.com.com
Abu Syafwan said…
apa sudah ada klarifikasi dari sipembuat kompas kiblat ini atas tulisan di http://genghiskhun.com/koreksi-kesalahan-index-kota-city-index-pada-kompas-kiblat
seperti info di comment anonymous.
bagus said…
Nice post. Very good write-up.

Popular Posts