Coping Management

Setiap orang tentunya pernah menghadapi kesulitan, kejadian buruk, masa-masa trauma, dan semuanya membekas dalam dirinya. Ada pertanyaan yang hadir di kepalaku sore ini,  "Bagaimana untuk move on dari kejadian itu?".

Ketika sedang berada pada masa-masa itu, tepatnya di akhirnya, mungkin merupakan masa paling sulit. Masa itu adalah masa untuk melupakan, masa untuk membiasakan, masa untuk memaafkan (terutama memaafkan diri sendiri), masa untuk move on. Saat wajah kita bisa tersenyum tetapi seluruh sel dalam tubuh meronta dan kemudian memberikan reaksi berupa sesak nafas, asma, mual, muntah, sakit tifus (once upon a time dirawat di RS Borromeus), sakit dada, alergi, miom, dll. Qodarullaah wa astaghfirullaah.

Aku me-recall kembali ingatanku tentang kejadian-kejadian "berat" dalam hidupku. Pendekatannya berbeda untuk setiap kejadian. Mengobati hati saat menghadapi kesulitan dengan menulis puisi, bicara dengan sahabat, menangis, meraung, atau diam. Mungkin aku yang sekarang juga akan melakukan hal yang berbeda dengan aku yang dulu. Jika aku harus move on dari hal yang traumatik sekarang ini, aku ingin doaku pada-Nya lah yang menjadi senjata utama. Yassarallaahu... 

Comments

Popular Posts