/ˈintrəˌvərt/

Seperti itulah kata in.tro.vert dalam bahasa Inggris jika dilafalkan oleh pembicaranya. Apakah aku orang yang bisa dikategorikan sebagai introver? Kata KBBI, "bersifat suka memendam rasa dan pikiran sendiri dan tidak mengutarakannya kepada orang lain; bersifat tertutup". Entahlah, mungkin terkadang begitu.

Kucari ruang yang sepi untuk berbicara tentang diri sendiri. Aku kemudian bertanya pada diri sendiri, mengapa? Mengapa aku introver. Mungkin setelah lelah berbicara berhari-hari di depan ruang kelas, mengemukakan pikiran dan berdebat sana-sini mempertahankan pendapat atau ego diri atas interpretasi ilmu, aturan, makanan, hingga covid-19, walaupun hanya dalam ruang lingkup tempat kerja.

Waktu untuk diriku aku habiskan dengan menjelajahi ruang twitter, instagram, facebook. Aku mengrenyit, setuju, tidak setuju, dan mengambil posisi untuk diriku sendiri.

Sudahlah, cukup berbuat nyata dalam skala kantor dan keluarga saja. Diksi lain cukup di dalam pikiranku sendiri.

Comments

Popular Posts