Rumah tidak berpagar

Sebab satu dan lain hal, rumah tidak belum berpagar. Lebih tepatnya ada pagar, tapi gerbangnya tak ada. Karena itulah mungkin kesan rumah ini adalah tempat yang terbuka (denotatif dan konotatif) :D. Orang lewat biasanya menyempatkan diri menengok bahkan mampir, dari anak kecil, tetangga atau tukang jualan. Seperti hari minggu kemaren.

Kurang lebih jam 9 pagi
Rama (adikku) lagi jreng-ngejreng main gitar dan tika main game. Ibu yang lagi ada di luar tiba-tiba masuk ke rumah ngambil uang.
Ibu : De, liat tuh segede dede jualan cireng, hebat sambil sekolah.
Tika : Siapa bu?
Ibu : Itu tukang cireng, dari majalaya katanya.
Aku ke depan, pengen tau orangnya kaya gimana.

Ibu : Sakola keneh?
Tukang cireng : Muhun, nuju libur
Ibu : ieu artosna (3000 dapet 3 bungkus)
Tukang cireng: Nuhun (Aduh bahasa tubuhnya sopan banget, narimakeun kata orang sunda mah)
Ibu : Uih ayeuna??
Tukang cireng: ieu bade nyeepkeun, mudah2an enggalan lah, sakieu deui.

Males translatenya, ngertilah teman-temanku mah.

Tukang cireng tadi seusia Rama, sekitar 17 tahun. Pembawaannya bersih, good looking khas orang sunda, tutur kata sopan, keliatan bageur deh. Rumahnya sekitar 40 km dari Cikadut, rumahku. Dia kemungkinan besar naik bis mini Cicaheum-Majalaya, ongkos bolak balik sekitar 10 ribu. Dia membawa 2 keranjang pikul. Berapa pendapatannya ya?
Dari percakapan singkat dengan ibu, dia cuma bilang sedang libur. Sekarang memang sudah selesai UAS anak sekolah, jadi mungkin dia emang nyempetin waktu buat jualan jauh-jauh.
Pengen sih ngobrol banyak, biasanya klo ada tukang dagang gitu suka diajak ngobrol sama bapak ibu. Tapi, dagangannya masih cukup banyak. Menjelang jam 10 siang, pasti lebih panas lagi. Kita gak mampu beli sisanya sih, israf (berlebihan) beli cireng ampe berpuluh-puluh bungkus.
Kagum.. Itu perasaan aku dan ibu.
Di antara budaya hidup santai dan konsumtif, masih ada anak muda yang mau berusaha keras sambil sekolah.

Kejadian itu jadi senjata ibu buat rama. Udah dikasih fasilitas, biaya, dorongan ko ya susah banget belajar? Mau jadi apa??
Sayang, senjatanya kurang tajam ya ram :P??

Siangan
Percakapan 2 anak kecil. Sebagai gambaran, di depan rumah ada 3 kolam kecil berisi ikan mas, kura-kura, ikan mas koki, ikan naga, belut, dan beberapa ikan lain. Kebetulan kolam-kolam itu kemaren baru dibersihkan dan dikuras.

A: (Tiba-tiba lari masuk halaman ke kolam 1) Liat, kasian ikannya??
B: Kenapa?? (Sambil ngedatengin temennya)
A: Airnya cuma sedikit, tapi yang ini (menunjuk ke kolam 2) enak ikannya, banyak airnya.

Eh, nampak ga penting. :D. Percakapan ini untuk nunjukin foto ini aja.


Comments

Popular Posts