Pohon-Pohon di Jalan Ganesha (2001)

(Reposting, posting pertama 8 Maret 2001)
Rabu pagi, hari ini cuma satu mata kuliah, Pancasila pula, nanti sore uts kalkulus….mmmm bener-bener godaan buat mabal. Saya sengaja pergi agak terlambat, tapi di jalan, saya langsung dapet angkot tanpa perlu nunggu lama. Trus ternyata jalan2 biasanya macet malah lancar banget, dikit anak sekolahan, mereka seh udah pada ulangan umum.
Turun dari angkot saya musti jalan dulu, baru jam 6.45 biasanya saya dateng jam 6.30. Wilayah depan kampus saya adalah kawasan wisata kuda…jadi tuh banyak benda2 ijo di jalan ganesha. Untuk ngehindarin polusi, saya sengaja gak lewat gerbang utama, lewat tempat parkir aja deh.
Photobucket - Video and Image Hosting

Tempat parkir maseh sepi berhubung anak TPB (Tahap Persiapan Bersama- anak tingkat satu) yang memonopoli kuliah jam 7, semua bakalan uts kalkulus sorenya, pada males masuk kali yee. Daun-daun kuning dari pohon2 gede yang umurnya mungkin sama ama umur college ini-dari 1922 Insya Alloh- menuhin tempat parkir, baru ada dua mobil + satu mobil yg baru masuk. Sambil mikirin uts nanti sore, saya jalan tenang. Mobil yang baru masuk saya kirain parkir kiri, ternyata malah parkir kanan.
Sreeek sreeek.., saya liat ke atas ada suara dari atas. Tiba-tiba….
Krek..krek …gedebruk.. dahan pohon jatuh melintang sekitar 2 meter di depan saya. Saya diam, alhamdulillah, klo saya jalan beberapa detik lebih cepat … kepala saya bakalan gimana ya, atow malah saya bakalan gimana… soalnya neh, dahan yang jatuh itu panjangnya sekitar 3 meter lebih , diameternya ama kaki saya aja besaran dahan itu.
Tukang parkir ‘n satpam pada dateng, tapi yang ditanyain seh, mobil yg baru masuk tadi, jaraknya emang deketan ama tempat dahan itu jatuh, gimana klo tadi belok kiri trus parkir di situ… tika sih gak ada yg khawatir … hihihihihihihi.
Photobucket - Video and Image Hosting
Saya langsung ngelanjutin jalan, ucapan hamdallah masih keluar dari bibir saya, sambil berfikir pagi2 gini Allah udah nunjukin rohmatnya. Saya coba inget2 apa aja yg saya dapet selama pagi ini. Yang paling kerasa sih kejadian barusan, saya dihindarkan dari sebuah musibah, jalan yang gak macet, saya jadi gak telat kuliah, saya bisa sarapan… belum lagi nikmat2 kaya bisa ngeliat, ngedenger,…dan laen2
Saya berusaha membuat daftar nikmat2 Allah, hanya pagi ini. Tapi memang tidak mungkin, jadi inget manqulan hari minggunya “Katakanlah Muhammad, seandainya lautan menjadi tinta untuk menulis kalam Tuhanku niscaya habis lautan itu sebelum habis kalam Tuhanku, walaupun mendatangkan semisal laut lagi sebagai tintanya.” QS Al-Kahfi –109. Dua lautan aja gak bisa, apalagi pikiran saya yang nggak sedalam dua lautan.
Jadi sepanjang jalan menuju ruang kuliah saya kembali mengucapkan hamdallah berulang-ulang. Dingin, tapi saya kembali bersyukur, baju saya tertutup. Jadi dinginnya Bandung gak terlalu kerasa, gimana klo saya gak beriman pada-Nya, yang gak tau hukum, tambah dingin aja deh ini pagi, syukur lagi deh. Hamdallah, syukur lewat ucapan, mudah-mudahan Allah mengekalkan nikmatnya, jadi saya tetep jadi orang yang beriman pada-Nya, saya gak pernah akan ketimpa sepotong dahan pohon.. amin.

Comments

Popular Posts